Senin, 19 November 2012

Rahasia di Balik Bersin




Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa ada lima hak seorang muslim atas muslim yang lainnya, yaitu menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan yang bersin. Mengapa bersin harus didoakan?

Sahabatku, ternyata orang-orang barat, khususnya di Inggris, saat mendengar orang lain bersin mereka berucap, “God bless you.” Senada dengan hadist, islam mengajarkan bagi yang bersin berucap Alhamdulillah (puji syukur kepada Allah), yang mendengarkan berdoa yarhamukallah (Semoga Allah mengasihimu), dan yang bersin balik mendoakan yahdikumullah(semoga Allah memberikanmu petunjuk). Sungguh mulia sekali.

Ada penjelasan unik, yang saya dapatkan dari Dosen User Interface Design. Bahwa saat bersin, jantung kita berhenti. Ketika kita bisa bernafas kembali setelah bersin, maka itu adalah kemurahan Allah yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk melanjutkan kehidupan di dunia. Subhanallah. Coba bayangkan, ketika setelah bersin, jantung kita berhenti seterusnya... Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Sahabatku, yuk jangan malu untuk memenuhi hak saudara kita.


  

0 komentar:

Posting Komentar