Kamis, 22 November 2012

Bagaimana menulis Abstrak Makalah



Abstrak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti ikhtisar (dari laporan, karangan, dan sebagainya); ringkasan; inti makalah. Abstrak adalah bagian dari paper/ makalah yang merepresentasikan isi dari paper/ makalah. Abstrak memudahkan pembaca maupun reviewer untuk mengetahui isi dari paper/ makalah. Abstrak bersifat sederhana dan tepat tujuan, bahasanya lugas.

Contoh Abstrak Makalah Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Website

Pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia meningkat pertahunnya. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya konsumsi masyarakat. Hal ini menyebabkan jumlah sampah meningkat. Menghadapi kondisi seperti ini, masyarakat harus dipersiapkan secara pengetahuan dan mentalitas. Paradigma masyarakat terhadap sampah dan pengelolaan sampah harus dirubah. Dari sampah yang hanya merupakan barang tidak berguna serta tidak bernilai, menjadi barang yang berpotensi memiliki nilai guna membangun kesejahteraan masyarakat.

Dewasa ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi salah satu pilar kesejahteraan masyarakat. Pemanfaatan IPTEK secara efektif dan efisien dapat memacu industri ekonomi melalui inovasi-inovasi yang memberikan kemudahan dalam mengelola sumber daya yang ada. Sampah adalah sumber daya, apabila dikelola dengan baik dengan memanfaatkan IPTEK akan menjadi alternatif upaya mensejahterakan ekonomi masyarakat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

abstrak itu hampir kayak kesimpulan menurutku... jangan lupa dikasih keyword... ^^

Posting Komentar